10.08
0
Ohayou (●´∀`●)

mungkin sebagian besar orang di Indonesia berpendapat bahwa anime pertama yg ditonton diantaranya Voltes V, God Sigma, Go shogun, Shogun Getta, Go Lion dan juga Candy Candy. Yg lahir tahun 90 blum nonton kali ya karena anime-anime tersebut adalah anime TV Seri di era akhir tahun 70 hingga 80-an.

Trus anime apa sih yg pertama kali dalam sejarah animasi Jepang ?

Sebelumnya kita ketahui dlu yuk awal mulanya anime lanjut ke anime apa yg pertama kalinya muncul di Jepang shingga jdi pentolan smpe trciptanya anime" sperti skrg...

untuk kategori TV seri pertama kali banyak orang trmasuk juga ahli sejarah anime pasti berpendapat Testuwan Atom (Astro Boy) lah yg merupakan anime TV pertama. Nah kalo anime ini pernah ditayangkan juga di Indonesia taun 2000-an atau 2003 ya hhehe lupa waktu SD (^^ゞ .

Ternyata Astro Boy pertama kali muncul pada jaman perang dunia kedua lho oleh seorang buruh pabrik dan dokter,
Dan Orang yang pertama dan mnjadikan awal mula munculnya Manga adalah Osamu Tezuka.

Hmm anime apa manga dulu ya yg keluar? Inilah jawabannya
Osamu Tezuka, beliau terinspirasi oleh kartun karya Disney dan mulai lah berkarya animasi.
Pada tahun 1947 Osamu yang pertama kali menciptakan sebuah buku cerita bergambar sekelas novel, yg berjudul Shintakarajima.

Pada tahun 1963 beliau berhasil memproduksi sebuah anime Testuwan Astro atau dikenal dengan Astro Boy. Jadi astro boy kah anime tv yg pertama muncul?



Bukan, Astro Boy merupakan anime TV pertama berdurasi 30 menit yang sukses secara Internasional.

Nah minna, dua tahun sebelum munculnya Astro Boy sebenarnya ada yang merupakan TV seri pertama dalam sejarah Jepang Yaitu "Mittsu no Hanashi" yg Release tgl 01 Mei 1961.
TV Special Mittsu no Hanashi berjumlah 3 episode (trilogi) tiga kisah yang populer yaitu Third Blood, Oppel and the Elephant dan Sleepy Town. Third Blood yang menjadi seri TV anime pertama di Jepang. Disiarkan oleh NHK dan disutradarai oleh Keiko Kozonoe.

Minna, Lanjut bagaimana dgn Movie pertama dari anime ?
Yah.. ternyata lebih dulu Movie Anime dibanding TV Seri.
Gini, tahun 1943 sebuah anime movie berdurasi panjang pertama kali muncul menceritakan serangan Amerika terhadap Pearl Harbour pada tahun 1941. Anime tersebut adalah "Momotarou no Umiwashi" dan masih hitam putih lho.

Tapi secara kronologis muncul Movie yang tercatat sebagai Movie Anime pertama yaitu " Hakujaden" pada tgl 22 Oktober 1958 Yg diproduksi Toei Animation.

Hakujaden merupakan anime movie pertama kalinya yang menggunakan warna. Seiyuu nya hanya dua orang, tapi memerankan suara semua peran yang ada. Sugoi !!!! *(*´∀`*)☆
Movie berdurasi 78 menit ini disutradarai oleh Kazuhiko Okabe dan Taiji Yabushita. Ceritanya berdasarkan dari legenda Cina.

Terakhir nh skrg kita bahas OVA. Tau kan OVA? Hhihi pertanyaannya OVA apa yg pertama kali dalam sejarah?
Jenis anime yg ini mmang muncul paling belakangan dan era mulai bangkitnya studio studio anime di Jepang, dan jawaaaabannya adalah Dallos (Dallos Hakaishirei) muncul tgl 12 Desember 1983 diproduksi oleh Bandai Visual.
Dallos merupakan OVA pertama kali disiarkan. Animasinya dikerjakan di studio Pierrot dan berdurasi 83 menit. Disutradarai oleh Mamoru Oshii dan disiarkan oleh Bandai Channel.

Wahh trnyata sejarah anime juga panjang lebar ya ( ´∀`) well, smoga smakin mnumbuhkan rasa suka sama anime (´∀`)♡ sekian dan arigatou ヽ(;▽;)ノ
Suka · ·

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.