Sepakbola adalah favorit. Hampir di seluruh penjuru planet bumi menyukai olahraga ini. Tidak hanya dianggap sebagai olahraga ter-populer dan nomor satu, sepakbola sudah menjadi 'kepercayaan' bagi sebagian golongan.

Mungkin hanya di Amerika Serikat dan Australia, sepakbola tidak mendapat predikat sebagai olahraga populer atau ter-favorit karena kalah pamor dengan basket, American Football, baseball, rugby, ataupun hoki.

Dalam rangka untuk mengentaskan warga Amerika Serikat dan Australia dari kebosanan akut serta melepas 'jinx: kekurang-asikan' yang melekat dalam jiwa sepi mereka, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sepakbola menjadi olahraga yang paling banyak digemari penduduk planet bumi --bahkan alien di tempat entah-berantah bernama Catalonia pun memainkan olahraga ini.

P.S. untuk warga Amerika Serikat, Australia, dan mereka-mereka yang masih belum menikmati sepakbola: putar lagu 'Sik-Asik' dari Ayu Tingting sembari membaca ulasan sok-tau di bawah ini hingga speaker kalian rusak!

1. Sepakbola itu sederhana

Beberapa jenis olahraga mungkin terikat peraturan yang cukup rumit dan susah untuk dimengerti. Sebagian di antaranya bahkan membutuhkan penjelasan dari ilmuwan ditambah ahli psikologi untuk menjelaskannya. Tapi tidak dengan sepakbola!

Olahraga yang dalam aturan resminya selalu mempertemukan dua tim dengan masing-masing 11 pemain tiap tim di atas lapangan tersebut hanya membutuhkan waktu dua menit, eh, atau bahkan se-menit untuk dipahami. Cukup.

Lari - umpan - tendang ke gawang lawan - gol. Simpel kan?!?

2. Jarang terjadi perubahan peraturan

Modifikasi atau perubahan peraturan dalam sepakbola terakhir dilakukan pada tahun 1992 silam yakni aturan 'backpass'. Apa itu? Singkatnya gini: saat kalian mengumpan balik menggunakan kaki kepada kiper, usahakan sang kiper untuk tidak memegang bola hasil umpan tersebut --entah bolanya mau di tahan pake kaki, kepala, atau diajak curhat, terserah pokoknya jangan langsung dipegang. titik.

3. Timeout? Non!


Yups. Di sepakbola tidak ada yang namanya timeout --kecuali yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia dalam laga-laga persahabatan, entah apa sebutannya.

Kenapa? Untuk menjaga ritme dan tensi pertandingan. Coba bayangin dalam suatu pertandingan yang mempertemukan klub sepakbola kesayanganmu, sebut saja 'tim A', tertinggal 0-1 saat melawan klub sepakbola pujaan dari sahabat-yang-dengan-tega-selingkuh-sama-[mantan]pacarmu, sebut saja 'tim B'. Tiba-tiba di menit-menit akhir laga 'tim B' melakukan timeout untuk 'mengulur waktu' dan mengembalikan sisa-sisa tenaga pemainnya. Hampir bisa dipastikan gol-gol dramatis di masa injury-time tidak akan tercipta karena momentum yang 'dirampas' oleh timeout tadi. 'tim A'-mu kalah, dan kamu, iya kamu, kembali kalah dari sahabat-yang-dengan-tega-selingkuh-sama-[mantan]pacarmu.

4. Gol-gol indah

Apa yang paling dicari dan dinantikan dalam sebuah pertandingan sepakbola? Yups, gol! Dan kita, yang sialnya, hanya bisa menjadi 'fans kelas tiga' akan semakin terpuaskan ketika menyaksikan sebuah gol yang sangat brilian dan indah. Football is as good as sex, comrade!

5. Bisa dimainkan di mana saja

Sumpah demi apapun, aku gak bohong. Sepakbola itu olahraga yang bisa dimainkan di mana saja [dan pake apa saja]. Hanya butuh bola, tempat, dan iklan KB dari BKKBN [dua anak cukup!].

Bola yang dipake buat tendang-tendangan bisa bola yang paling bagus kualitas resmi FIFA atau bahkan bola plastik yang sekali tendang langsung kempes. Dan jika memang di daerah rumah kalian tidak ada bola satupun karena apokalips atau invasi alien, kalian bisa pake batu, kaleng, atau bahkan kepala alien itu sendiri.

Habis nemu bola, langsung ajak temenmu buat main. Jika nantinya temen kalian gak mau diajak main bola, kalian paksa sampe dia-nya mau. Kalo emang gak mau juga, ya terpaksa harus main sama pokemon peliharaan kamu. Tempatnya? Terserah, harus kutulis juga di sini huh?!?

6. Fanatisme suporter

Semangat dari para suporter inilah yang membuat sepakbola menjadi lebih asik dan membuktikan bahwa olahraga yang satu ini banyak yang suka. Stadion-stadion atau tempat manapun akan selalu dipenuhi dengan teriakan dan nyanyian rombongan kelompok fans sepakbola. Aku yang selalu ngaku sebagai penggemar berat sepakbola juga lagi nyanyi-nyanyi waktu nulis artikel ini karena rasa sayangku pada sepakbola dan juga karena Juventus mampu menang dalam Derby della Mole lawan Torino [29 September 2013 kemarin].

Dan lagi, kefanatikan suporter sepakbola jauh berbeda dan lebih mengasyikkan [serta lebih seksi] daripada suporter olahraga lainnya. :p

BONUS, alasan mengapa sepakbola itu banyak yang suka, karena rata-rata pemain sepakbola itu ganteng-ganteng dan cantik-cantik.


Sumber :http://kabarxsepakbola.blogspot.com/2013/09/alasan-mengapa-sepakbola-itu-asik-dan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.