02.47
0
Berhenti merokok bukanlah perkara mudah, namun kendati sulit bukan bararti tidak bisa dilakukan. Beberapa tips berhenti merokok berikut layak untuk dilakukan :

Siapkan diri untuk berhenti 

Bila anda ingin berhenti, cobalah untuk menemukan motivasi. Buatlah daftar alasan mengapa anda ingin berhenti serta fokuslah. Jika anda sudah pernah mencoba berhenti sebelumnya, pikirkan usaha yang telah anda lakukan ; apa yang mendorong anda saat itu dan apa yang membuatnya sulit?

Ketahui faktor pencetus yang membuat anda kembali merokok, misalnya apakah anda merokok sehabis makan, saat mengemudikan kendaraan atau saat dalam tekanan/stress. Buatlah rencana untuk mengatasin setiap pencetus tersebut.

Dapat Dukungan 
Tentukan tanggal anda untuk memulai berhenti dan sampaikan hali ini pada orang terdekat anda. Mintalah dukungan pada keluarga dan teman untuk niat dan usaha anda.

Gunakan secara benar obat-obatan tertentu 

Konsultasikan ke dokter anda mengenai obat-obatan tertentu yang dapat anda gunakan untuk membantu. 

Tips Berhenti Merokok yang Perlu Anda Lakukan

Belajar untuk Merubah Prilaku 

Cobalah untuk melakukan aktivitas baru untuk mengganti kebiasan merokok anda. Contoh ; daripada merokok sehabis makan cobalah untuk berjalan sebentar disekitar tempat kerja atau tetangga anda.

Waspada kemungkinan kambuh
Gejala dan dorongan untuk merokok umumnya berkurang dalam 1 atau 2 minggu setelah anda tidak merokok dan keinginan itu muncul hanya sekitar beberapa menit saja.

Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk mengurangi keinginan merokok ini. Saat anda merasa ingin morokok. Tunggulah beberapa menit sampai keinginan itu hilang. Ingatkan diri anda tentang keuntungan atau dampak positif dari berhenti merokok.



Sumber : http://for-y.blogspot.com/2013/09/tips-berhenti-merokok-yang-perlu-anda.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.