14.33
0


korek api ini merupakan buah karya dari Hiromi Hirasaka, seniman yang tinggal di daerah Osaka, Jepang, bersama teman-temannya di sebuah grup pameran. Sebagai seniman yang biasa membuat boneka kayu Kokeshi (souvenir tradisional khas dari daerah Tohoku), Hiromi kemudian memutuskan untuk membuat korek api dengan kepala korek yang mirip dengan boneka-boneka tersebut. Hasilnya? Jangan ditanya, korek api ini laku keras sebagai pajangan dan koleksi karena bentuk-bentuknya yang sangat imut dan lucu.

Ia dan teman-temannya iseng memulai usaha ini di tahun 1994, dimana saat itu mereka masih melukis kepala korek secara manual satu-persatu menggunakan keahlian tangan. Namun setelah korek api kokeshi ini mendapat respons yang bagus dari masyarakat sekitar, tahun 2000-an korek bernilai prestise tinggi ini akhirnya diproduksi massal dan kemudian meluas desainnya. Tadinya hanya boneka Daruma merah dan Pria lucu berkumis saja yang dibuat dengan berbagai ekspresi pada kepala korek api unik ini. Namun, lama-kelamaan, desain pun berkembang ke tokoh-tokoh binatang yang populer di kalangan anak-anak, seperti babi, kucing, anjing, bebek, anak ayam, panda, kelinci dan lain sebagainya. Bahkan ada juga karya Hiromi dan timnya yang mengambil tema dari film.

Hiromi dan teman-temannya mengaku mengambil inspirasi desain dari dari berbagai seni tradisional Jepang dan kehidupan sehari-hari seperti dari majalah, musik, sampai iklan random yang biasa mereka lihat setiap hari di kereta atau transportasi umum. Tujuannya adalah untuk menciptakan karya yang dekat dengan kehidupan manusia sehari-hari dan dapat membuat orang terhibur. Oleh karena itu tak heran jika karya-karya korek api mereka kebanyakan memiliki ekspresi wajah komikal yang dapat membuat orang tersenyum. Dengan cara ini, keberadaan korek api tidak lagi dipandang sebelah mata.

Contoh Model Awal dari Generasi Korek Api Kokeshi yang berbentuk Boneka Gendut "Daruma"

Sourch: kokeshi-m.com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.