09.04
0

Bagi beberapa dari anda mungkin lebih menyukai menggunakan laptop daripada komputer, dimana laptop memang lebih mudah dan simple jika dibawa kemana-mana. Laptop menggunakan baterai sebagaisumber energi, sehingga penggunaannya terbatas, tapi keunggulan dari laptop ini, kita bisa menggunakannya ketika listrik padam, dan tentu saja jika batre laptop sudah terisi sebelumnya, bagi beberapa pengguna laptop kekuatan atau daya tahan baterai menjadi sebuah masalah yang cukup pelik. Maka dari itu sebagai pengguna laptop membutuhkan tips mengenai bagaimana cara menghemat batre laptop saat digunakan. 

Jika ingin tau bagaimana cara menghemat batre laptop, sedangkan penggunaan laptop masih tetap harus lama, maka anda bisa meminimalisir permasalahan ini dengan beberapa tips berikut agarbagaimana batre laptop tahan lama, sekaligus awet dalam usia, diantaranya yaitu :

1. Jaga agar laptop tetap bersih.
Kondisi laptop yang berdebu, apalagi berdebu pada bagian dalam laptop akan menyebabkan board laptop menjadi semakin panas. Semakin panasnya suhu didalam laptop akan mengakibatkan kipas yang ada pada laptop bekerja semakin keras, inilah yang akhinya menjadikan konsumsi daya meningkat.

2. Rutin defrag harddisk.
Bagi beberapa diantara anda mungkin masih awam dengan istilahdefragdefragment. Ini adalah tool bawaan dari windows yang memungkin kan data pada harddisk anda ditata kembali sedemikian rupa sehingga prosessor anda akan lebih cepat untuk membaca dan menemukan data yang anda mau. Dengan lebih tertatanya data maka konsumsi daya oleh prosessor untuk mencari data akan berkurang.

3. Jangan gunakan USB terlalu sering
Kita sadari atau tidak tindakan seperti itu juga akan menambah konsumsi daya laptop kita. Karena kalau anda ketahuai bahwa setiap device yang terhubung ke USB akan mengkonsumsi tegangan dari baterai. Tegangan output yang dihasilkan dari tiap-tiap port USB adalah 5VDC.

4. Minimalisir penggunaan DVD ROMKenapa penggunaan DVD ROM harus dibatasi? Hal ini disebabkan karena penggunaan DVD akan memakan tenaga batre laptop secara berlebihan, untuk contoh, bandingkan saja laptop dengan netbook, baterai laptop pasti akan lebih sebentar jika dibandingkan batre netbook, selain cell batre netbook lebih banyak, netbook juga tidak memiliki DVDRW internal, sehingga batre netbook bisa bertahan lebih lama.
5.  Menonaktifkan Desktop Gadget
Klik kanan Desktop pilih close gadget dan jika ingin membuang salah satu gadgetsnya yang dikira kurang penting bisa di uninstall saja gadgetnya dengan mengklik kanan pada gadget.

6. Mode Hibernate Lebih Baik daripada Sleep
Pada mode sleep(stand by) komputer mematikan harddisk dan display, namun memori masih tetap aktif meskipun prosesor dalam keadaan hampir mati. Sedangkan di mode Hibernate semua aplikasi yang sedang aktif akan disimpan ke dalam harddisk, dan setelah itu komputer akan dimatikan secara total. Nah nibernate bisa lebih menghemat baterai jika dibanding dengan sleep (stand by).

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara menghemat batre laptop dibuat, semoga dengan dibuatnya artikel cara menghemat batre laptop ini dapat dicerna dengan mudah, dan juga dapat sedikit membantu serta mengetahui bagaimana cara menghemat baterai laptop anda.




sumber  : http://bandungit.com/cara-menghemat-batre-laptop/ 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.