08.26
0

Setiap orang pasti mengalami berbagai fase dalam hidupnya yang berujung dengan kedewasaan demi membentuk karakter dirinya menjadi lebih baik lagi. Pada saat berada di usia muda, orang penuh dengan energi dan antusiasme untuk mencoba hal-hal baru. Selain itu di usia muda ada keinginan untuk melanggar peraturan demi mendapatkan tantangan. Kemudian seiring pertambahan usia, orang mulai memasuki fase berkomitmen dan membangun kembali harapan untuk meraih mimpinya. Pada saat itu hal yang mereka inginkan adalah mendapatkan status dan berbagai jenis kekuasaan.
Saat memasuki usia senja, ambisi itu sedikit demi sedikit memudar. Hal yang diinginkan pada orang yang sudah memasuki usia senja hanyalah ketenangan dan hidup yang bahagia. Berikut adalah hal-hal yang akan Anda alami seiring dengan pertambahan usia
Perubahan perspektif
Perspektif atau cara pandang dalam menyikapi suatu hal akan bertambah seiring bertambahnya usia. Berbagai pengalaman hidup dan nilai-nilai yang ada di baliknya mempengaruhi cara seseorang dalam melihat dan menilai sesuatu. Bekal tersebutlah yang membantu mereka dalam menyikapi segala sesuatu dengan lebih bijak.
Hidup lebih 'lambat'
Saat Anda masih muda, seringkali Anda tidak menikmati waktu yang Anda miliki karena berbagai tuntutan dan deadline yang harus Anda penuhi agar semua target dalam hidup Anda dapat diraih sebelum usia bertambah dan tenaga yang terbatas. Namun saat Anda memasuki usia senja, hidup Anda akan menjadi lebih 'lambat' karena Anda tidak lagi mengejar atau memburu sesuatu. Hal yang Anda lakukan saat usia senja hanyalah menikmati waktu setiap detiknya.
Kebebasan
Segala macam persaingan dan tekanan yang Anda alami saat memasuki usia produktif seringkali membuat Anda tidak bebas untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Dan saat usia senja datang, untuk pertama kalinya Anda bisa merasakan bebas bangun tidur pukul berapa saja karena Anda tidak harus diburu waktu supaya tidak datang terlambat ke kantor.
Menjadi pendongeng
Apakah orang tua atau kakek nenek Anda sering menceritakan segala macam kisah hidupnya saat mereka masih muda? Well, saat memasuki usia senja secara tidak sadar Anda akan berubah menjadi seperti mereka. Anda akan begitu antusias menceritakan segala macam kisah dan pengalaman yang Anda dapatkan saat masih muda kepada anak atau bahkan cucu Anda.
Hubungan yang lebih sehat
Seperti dilansir dari huffintonpost.com, usia senja membuat Anda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah daripada saat aktif bekerja. Akibatnya tingkat komunikasi Anda dan pasangan akan membaik. Hubungan yang terjalin pun menjadi lebih kuat dan sehat.
Lebih spiritual
saat Anda tidak mengejar mimpi atau keinginan Anda lagi di usia senja, Anda lebih banyak memiliki waktu untuk memikirkan diri Anda dan apa yang terjadi dalam diri Anda. Anda pun menjadi lebih spiritualis daripada sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan tentang hidup pun akan muncul dengan sendirinya. Dan jawaban yang Anda temui setelahnya akan membuat Anda menjadi lebih bijak lagi dalam menyikapi hidup.
Pertambahan usia dalam hidup seseorang adalah hal yang pasti. Berbagai macam fase dan pengalaman hidup yang dilewati seseorang akan menjadi bekal mereka untuk memaknai hidup. Hingga pada akhirnya hanyalah ketenangan dan kebahagiaan yang diinginkan dalam hidup.


Sumber : http://family.lintas.me/go/mndt.lk/7-hal-yang-dialami-saat-usia-bertambah

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.